pak ali karimunjawa, lokasi destinasi wisata balai taman nasional karimunjawa

Destinasi Wisata Balai Taman Nasional Karimunjawa

Destinasi Wisata Balai Taman Nasional Karimunjawa. Indonesia tuh punya banyak banget satwa, satwa-satwa itu ada yang dilindungi sama pemerintah. Tempat untuk melindungi satwa itu namanya apa? Gak tahu? Wah, ada tiga tempat nih, yakni: suaka margasatwa, cagar alam, dan taman nasional. Ngomong-ngomong soal taman nasional nih, gengs!. Di Karimunjawa ada lho salah satu taman nasional. Dari sekian banyaknya taman nasional yang ada di Indonesia, BTN karimunjawa tugasnya melindungi dan mengembang biakkan satwa jenis penyu. Penyu yang dilindungi di taman ini merupakan jenis penyu sisik dan penyu hijau. Kedua penyu ini memiliki status konservasi terancam. Status : genting (endangered) untuk status penyu sisik, dan kritis (critically endangered) untuk jenis penyu hijau, sedih ya. Mari kita ikut andil dalam menjaga penyu-penyu ini agar tetap lestari.

Fasilitas Destinasi Wisata Balai Taman Nasional Karimunjawa

Tanya Jawab sebelum berkunjung ke Destinasi Wisata Balai Taman Nasional Karimunjawa, Ada Apa Saja Yah Di tempat ini?

Berkunjung ke Balai Taman Nasional Karimunjawa tujuannya apa ya?

Edukasi study tour, biasanya ketika telur-telur penyu menetas, petugas akan memindahkannya ke tempat para tukik berada. Di tempat untuk membiakkan telur-telur penyu ini, telur-telur penyu ditempatkan di atas pasir yang terletak di sebuah bak yang berisi pasir. Ada ember-ember khusus yang isinya telur sudah menetas. Imut banget tukiknya. Kalian bisa melihat prosesnya secara langsung disini.

Ingin ke Balai Taman Nasional Karimunjawa, Caranya Gimana?

Kalian hanya dapat mengakses Taman Nasional Karimunjawa dengan cara naik perahu. Kenapa? Karena Taman Nasional Karimunjawa ini jauh dari jalan sebagai akses darat. Ditambah medannya yang berupa hutan belantara yang penuh dengan hewan-hewan liar, pastinya kalian nggak mau kan? Digigit ular atau hewan liar lainnya… Lagipula, hutan di belakang Taman Nasional Karimunjawa ini juga merupakan wilayah konservatif, jadi kalian tidak bisa main nyelonong masuk begitu saja ya.

Merencanakan kesini pakai jalur laut, Apakah disediakan Dermaga buat sandar atau parkir perahu?

Jangan khawatir saat anda merencanakan agenda kunjungan wisata ke Balai taman nasional karimunjawa konservasi penyu. Pihak Balai Taman Nasional Karimunjawa sudah menyediakan fasilitas tempat untuk sandar dan parkir perahu.

Apa sih yang membuat Balai Taman Nasional Karimunjawa ini spesial?

Pembiakan tukik adalah aktifitas unik yang mungkin sangat jarang bisa kalian temui ditempat lain, melihat proses pemindahan tukik dari penetasan ke penangkaran tukik supaya si tukik dapat berenang bersama kakak, adik, dan teman-temannya atau fungsi tujuan utamanya adalah supaya bayi tukik terhindar dari predator laut. Tempat penangkaran tukik lokasinya di pinggiran tepi laut dibawah jembatan dermaga kayu dikelilingi jaring memutar melindungi bayi-bayi tukik berproses menjadi remaja sampai siap untuk dilepaskan.

Saya ingin berlama-lama disini, Bisakah saya stay menginap beberapa hari disini?

Kalian bisa menginap di Taman Nasional Karimunjawa ini, dengan syarat tertentu. Kalian bisa menikmati keindahan alam Karimunjawa dengan cottage di Taman Nasional Karimunjawa. Pantainya indah, belakang hutan yang masih asri dan alami, gak ada ditempat lain, sempurna buat kamu yang suka tinggal di tempat tenang. Gimana? Sewa per malamnya? Untuk mengakses cottage ini, kalian akan dikenakan biaya sebesar IDR.500.000 per malam. Worth it gak sih? Worth it dong! Kalian serasa punya pulau sendiri, apalagi suasananya asri ditambah pemandangan indah Karimunjawa, waduh… Idaman deh.

Saya putuskan mau stay disini, kira-kira bekal apa saja yang harus saya siapkan?

Disini tidak ada warung makan, kamu bisa membawa bekal buat persiapan kalau berencana untuk stay. Atau bisa juga memesan Paket BBQ chatering dari daerah kota. Kedua kamu harus bawa pakaian ganti, disini tidak tersedia laundry. Jangan juga melupakan Lotion anti nyamuk supaya aman dari nyamuk-nyamuk nakal. Selain itu sepertinya bisa kalian sesuaikan sendiri sesuai kebutuhan pribadi.

Selain kamar cottage istirahat, Adakah fasilitas tempat nyantai disini?

Disini kalian bisa santai di rumah panggang pe. Fungsinya? Ya kalian bisa tuh kumpul bareng temen-temen. Atau bisa juga sebagai tempat kalian dikenalkan dengan penyu menggunakan media study tour karimunjawa atau presentasi dan fungsi pembelajaran edukasi pendidikan.

Selain melihat proses pembiakan dan penetasan tukik, disini bisa ngapain lagi?

Bukan hanya menjadi penonton. Saat anda bertandang wisata ke Balai Taman Nasional Karimunjawa ini kalian bisa melepaskan tukik yang sudah remaja. Namun sebelum melepaskan tukik kalian harus izin terlebih dahulu kepada pihak BTNKJ ya, jangan main lepas saja haha.., kalau sudah izin baru boleh deh kalian melepas tukik yang sudah remaja. Caranya? Silahkan isi pengajuan form simaksi tnkarimunjawa nya di sini. Buat edukasi pokoknya asik banget deh.

Gambar Visual Balai Taman Nasional Karimunjawa

Supaya gambaran lokasi ini lebih mudah ditangkap oleh anda, kami sertakan gambar visual yang kami ambilkan spesial buat anda. Berikut inilah gambaran fasilitas properti yang ada dilokasi Destinasi Wisata Balai Taman Nasional Karimunjawa Konservasi Penyu :

Setelah membaca artikel tentang destinasi wisata Balai Taman Nasional Karimunjawa Konservasi Penyu diatas tidak tertarikkah anda berkunjung kemari?. Mau cari tempat wisata mana lagi yang seperti ini?. Bagi anda yang tertarik dan gak mau ribet untuk urusan akomodasi perjalanan kesininya. Kami sebagai pelaku biro wisata karimunjawa selalu siap bersedia menguruskan semua keperluan akomodasi wisata karimunjawa anda. Yuk sobat reservasi paket wisata karimunjawa sekarang sebelum kehabisab stok seat tiket kapal penyeberangannya!

PAKET WISATA KARIMUNJAWA
Paket Wisata Karimunjawa Murah || Paket Karimunjawa Homestay Fan || Paket Karimunjawa Homestay AC || Paket Karimunjawa Hotel STD || Paket Karimunjawa Dseason || Paket Karimunjawa Java Paradise || Paket Karimunjawa Menjangan || Paket Karimunjawa Honeymoon

Cooperation :
Agen Wisata Karimunjawa